05 April 2008

Pengaruh Negatif Layar Kaca Pada Anak

Tak bisa dipungkiri kalau era layar (TV, HP, PC, PS dan Internet) bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak dalam bidang teknologi. Namun jangan salah, dampak buruk pun bisa menyertainya yaitu anak akan mengalami kesulitan dalam membaca.

“Dalam penelitian, anak usia dibawah 3 tahun melihat layar kaca rata-rata 2 jam perhari. Anak usia 3 – 5 tahun 3 jam dan setelah anak usia 6 – 7 tahun dilakukan penilaian kembali. Hasilnya pada anak usia di bawah 3 tahun menunjukkan penurunan kemampuan membaca komperehensif dan penurunan memori. Sebaliknya pada anak 3 – 5 tahun memiliki kemampuan lebih baik,” ujar Dr Handiono D Pusponegoro, Sp A (K), mengutip penelitian dmpak menonton televisi pada anak usia di bawah 3 tahun dan usia 3 – 5 tahun dalam Modalitas Visual Dukung Optimalkan Kecerdasan Anak.

Menurut handiono, dengan hanya menonton televisi saja, otak kehilangan kesempatan mendapatkan stimulasi dan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam hubungan sosial dengan orang lain, bermain kreatif dan memecahkan masalah. Disinilah peran orang tua dibutuhkan untuk membatasi dan memberi pengertian tentang efek bahaya televisi bagi perkembangan optimalisasi kecerdasan otak.

Wassalam

Customer Service Manet Busana Muslim

(Dikutip dari Majalah Alia Edisi Januari 2008)

Tidak ada komentar: